Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Mandi Air Dingin Bisa Turunkan Berat Badan
28
Jul

Mandi Air Dingin Bisa Turunkan Berat BadanMandi dengan air dingin ternyata dapat membantu memperbaiki diri, termasuk menurunkan berat badan. Tidak percaya?

 

Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa manfaat dari mandi dengan air dingin, sebagaimana dilansir dari Medicaldaily, Kamis (23/7/2015).


Memperbaiki rambut dan kulit

Mandi dengan air hangat cenderung membuat rambut dan kulit menjadi kering, sementara mandi dengan air dingin dapat membantu memperbaiki penampilan mereka. Air dingin mengencangkan kutikula dan menutup pori-pori untuk mencegah kotoran masuk.

Cuci muka dengan air hangat untuk mengeluarkan kotoran dari pori dan bersihkan, sebelum dibilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori. Untuk rambut, air dingin bisa membuat rambut lebih bercahaya dan kuat karena folikel akan lebih kuat mengikat di kulit kepala.


Meningkatkan kekebalan tubuh dan sirkulasi darah

Air dingin meningkatkan sirkulasi darah sehingga bisa berdampak salah satunya ke pompa darah yang menjadi lebih efisien dan meningkatkan kesehatan jantung. Mandi dengan air dingin juga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Menstimulasi penurunan berat badan

Mandi dengan air dingin dapat membatu menurunkan berat badan dengan cara yang tak terduga.

Tubuh manusia mengandung dua jenis jaringan lemak, lemak putih dan lemak cokelat. Lemak putih terakumulasi ketika kita mengonsumsi kalori lebih dari yang dimanfaatkan tubuh dan ini tidak kita gunakan untuk energi.

Sementara itu, lemak cokelat adalah lemak baik, yang menghasilkan panas untuk menjaga tubuh kita hangat, dan diaktifkan bila terkena dingin yang ekstrim, menurut Joslin Diabetes Center, sebuah afiliasi Harvard Medical School. Jadi, mandi dingin dapat meningkatkan aktivitas lemak cokelat.

Sebuah studi 2009 menemukan bahwa paparan suhu dingin yang ekstrim mengaktifkan lemak cokelat pada 23 dan 24 peserta dengan peningkatan 15 kali lipat, yang berarti seseorang bisa kehilangan Sampai empat kilogram dalam setahun jika mereka terus mempraktekkan mandi dengan air dingin.

 


~Irdiansyah


Sumber:

okezone.com

 

Search

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting