Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Beda Jenis Alat Masak, Berbeda Juga Cara Pencuciannya
14
Jul

Beda Jenis Alat Masak, Berbeda Juga Cara PencuciannyaBerbagai macam masakan dipersiapkan demi persiapan Lebaran. Ini artinya banyak pula alat masak yang digunakan. Ada baiknya Anda mengenali dengan baik peralatan masak yang Anda gunakan dan cara mencucinya. 

 

Terlebih lagi jika asisten rumah tangga Anda sedang pulang kampung. Pencucian alat masak yang salah dapat menyebabkan kerusakan. Karena beda jenis alat masak, berbeda juga cara pencuciannya. Berikut ini cara membersihkan alat masak yang benar sesuai dengan jenis bahannya yang kami kutip dari detikFood.

 

1. Alumunium

tips cuci peralatan masak AlumuniumKebanyakan peralatan masak yang terbuat dari aluminium dapat dibagi menjadi dua kategori: campuran alumunium (diperkaya dengan logam seperti magnesium, tembaga, atau perunggu untuk menambah kekuatan) dan aluminium anoda (yang kurang bereaksi dengan makanan asam). Alumunium anoda umumnya aman dicuci dengan alat pencuci piring, tetapi alumunium campuran lebih baik dicuci dengan tangan.

Jika terdapat noda pada alat masak alumunium ini, buatlah larutan pembersih dengan mencampur dua sendok teh cuka putih dengan dua gelas air. Tuangkan larutan ke dalam panci, kemudian didihkan selama dua menit, kemudian bilas panci dengan air hangat.

 

2. Besi

tips cuci peralatan masak BesiKunci untuk menjaga peralatan masak dari besi agar tetap bersih dan bebas karat adalah membersihkannya saat masih hangat. Cucilah dalam air panas tanpa sabun dengan sikat yang keras atau spons. Jangan gunakan sikat baja karena dapat merusak panci. Kemudian, keringkan secara menyeluruh dengan serbet bersih dan oles tipis dengan minyak sayur di atas permukaan untuk membuatnya mengkilap. Setelah itu, lap sisa minyak dengan tisu dan simpan di tempat kering.
 Untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel pada panci, didihkan sedikit air dalam panci sebelum membersihkannya.

 

3. Tembaga

tips cuci peralatan masak TembagaPanci yang terbuat dari tembaga sangat baik untuk memasak karena dapat menghantarkan panas dengan cepat dan merata. Tetapi, tembaga sangat tinggi dengan logam reaktif, jadi kebanyakan alat masak dari tembaga ini dilapisi dengan baja tahan karat atau stainless steel. 
Untuk menghilangkan noda pada peralatan masak dari tembaga ini, olesi permukaannya dengan saus tomat. Diamkan beberapa menit, kemudian bersihkan saus tomat tersebut dan lanjutkan kembali proses pencucian.

 

4. Tanah Liat

tips cuci peralatan masak Tanah LiatSama seperti alat masak yang terbuat dari besi, alat masak dari tanah liat ini tidak dicuci dengan menggunakan sabun. Karena sabun akan menyerap ke dalam pori-potonya dan akan terkontaminasi ke dalam makanan. Untuk itu, cucilah dengan air yang sangat panas dan sikat. Kemudian keringkan dengan handuk. Jika terdapat noda, Anda hanya perlu menghilangkannya dengan menggosok bagian dalam pot menggunakan garam kasar.
Alat masak ini memiliki pori sehingga dapat menimbulkan bau. Untuk menghilangkannya, rendam semalaman dalam campuran dua sendok makan soda kue dan air yang secukupnya.

 

 

5. Enamel

tips cuci peralatan masak EnamelSalah satu langkah yang paling penting untuk membersihkan peralatan masak dari enamel ialah dengan membiarkannya dingin. Walaupun alat ini tahan lama, perubahan suhu yang cepat dan dramatis dapat menyebabkan lapisan enamel retak atau pecah. Setelah dingin, isi panci dengan air sabun hangat dan rendam selama 15 sampai 20 menit. Kemudian, cuci dengan menggunakan handuk lembut atau spons, bilas dan keringkan secara menyeluruh.

 Jika sulit untuk menghilangkan noda makanan yang ada, coba gosok bagian dalam panci dengan abu gosok yang halus lalu bilas hingga bersih.

 

6. Lapisan Antilengket

tips cuci peralatan masak Lapisan AntilengketPanci dan wajan antilengket ini juga tidak dapat dicuci dengan menggunakan alat pencuci piring, melainkan harus dicuci dengan tangan dan dengan spons halus untuk menjaga lapisan antilengketnya. Sama seperti enamel, peralatan masak antilengket ini harus didinginkan sebelum dibersihkan untuk mencegah thermal shock.

 Jika terdapat noda pada peralatan masak antilengket Anda, gosok lembut di bagian dalam panci dengan cuka dan kain lembut atau spons.

 

7. Stainless Steel

tips cuci peralatan masak Stainless SteelBerbeda dengan alat yang lain, stainless steel dapat dicuci dengan menggunakan alat pencuci piring. Carilah stainlees steel dengan kualitas tinggi yang idealnya terdapat cap 18/10, yang terdiri dari 18 bagian kromium dengan 10 bagian nikel agar tahan lama. 
Jika ingin menghilangkan noda, rendam dengan menggunakan cuka selama setengah jam, kemudian bilas dengan air sabun hangat lalu bilas lagi di air dingin dan keringkan.

 

~Irdiansyah


Sumber:

detikFood

 

 

Search

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting